Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Selasa, 18 Oktober 2016

SEJARAH PANTI ASUHAN AISYIYAH SUNGAYANG

Share

Fhoto : Panti Asuhan Aisyiyah Sungayang.


Sejak diadakannya pelatihan di Cabang Muhammadiyah Batusangkar oleh beberapa orang tokoh pergerakan panti asuhan di Sungayang. Maka sangat besar niat dan keinginan untuk mendirikan panti asuhan untuk orang-orang yang tidak mampu, anak yatim dan piatu di Nagari Sungayang. Keinginan tersebut, tentu saja membutuhkan perjuangan dan kerja keras yang sangat berat. Setelah beberapa kali mengikuti pelatihan tersebut pada tahun 1963, maka diadakanlah musyawarah oleh Nurman Harum dan teman-teman seperjuangannya diantaranya : H. Rusyid Umar, Almunir Ahmad, Ilyas Saleh, Nawawi Amin, dan Tukang Zubir Kari untuk membahas tentang pendirian panti asuhan tersebut.

Hasil musyawarah tersebut sepakatlah mendirikan ranting muhammadiyah dan aisyiyah di Nagari Sungayang serta susunan pengurus Ranting Sungayang dan Aisyiyah Sungayang yang terdiri dari :
Ketua              : Nurman Harum
WK                 : H. Rasyid Umar
Sekretaris        : Almunir Ahmad
Bendahara       : Ilyas Saleh
Pembantu        : Tukang Zubir Kari
Sedangkan pengurus Ranting Aisyiyah diantaranya :
Ketua              : Hj. Kamarida
WK                 : Maimunah Yusuf
Sekretaris        : Nurinah
Bendahara       : Nurama
Pembantu        : Nuria (Itam)
Setelah kepengurusan Ranting Muhammadiayah dan Aisyiyah terbentuk maka dilaporkanlah ke Cabang Batusangkar, untuk dapat diresmikan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Sungayang. Pada tanggal 10 Sya’ban 1384 H/ 14 April 1964 M pada pukul 21.00 Wib, dengan pertimbangan yang matang dan mempelajari kepengurusan tersebut oleh Pengurus Cabang Muhammadiyah Batusangkar, maka diresmikanlah berdirinya Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Sungayang. Dalam peresmian itu turut dihadiri oleh Bapak Hasan Basri selaku Kepala Penerangan Agama Kabupaten Tanah Datar.
Beberapa bulan setelah peresmian itu maka dibentuklah Pengurus Anak Yatim, Yatim Piatu, Miskin dan Anak Terlantar pada bulan Oktober 1964 dengan hasilnya sebagai berikut :
Ketua                          : Nurman Harum
WK                             : Ilyas Saleh
Sekretaris                    : Nawawi Amin
Bendahara                   : Kamarida
Koordinator Dana       : H. Mustafa Ali dan Rosna
Setelah terbentuknya kepengurusan itu, maka juga terbentuknya program utamanya diantaranya :
1.      Mencatat anak yatim, yatim piatu, miskin yang ada pada tiap-tiap desa dalam nagari
2.      Meninjau anak-anak yang mau diasramakan.

Maka setelah merinci biaya selama satu tahun mulai dari biaya peralatan tidur sampai kepada konsumsi anak dan juga dana sudah didapatkan, dapatlah 5 (lima) anak yang diambil dari tiap-tiap nagari. Awal diasramakannya anak-anak itu di rumah Hj. Kamarida di Koto Kaciak sekaligus dia sebagai bendahara pada waktu itu. Beberapa bulan berjalan, maka anak-anan yang diasramakan itu tidak betah lagi, makanya diambillah jalan tengah dengan tetap memberikan anak tersebut bantuan berupa asuhan keluarga dan santunan keluarga walapun sudah di pulangkan ke rumah orang tuanya.
Dengan adanya program tersebut maka setiap tahun jumlah anak yang dibantu bertambah terus dan berkat bantuan bersama pengurus serta masyarakat setempat berjalan sampai tahun 1978. Pada tahun 1980 diusahakanlah mencari tanah wakaf untuk dapat membantu pembiayaannya tersebut, maka pada tahun 1982 dibangunlah kedai di samping SMP 1 Sawah Parit Sungayang dan dikontrakan setiap tahun.
Pada tahun 1984 dibeli tanah untuk asrama dengan harga 5 (lima) Ringgit Emas atau seharga Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) atas nama Muhammadiyah/ ‘Aisyyah Sungayang. Dana yang terkumpul itu adalah swadaya anggota Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah Sungayang dan masyarakat setempat baik yang di dalam nagari maupun yang di rantau. Dibentuklah panitia pembangunan pada tahun 1984 yang terdiri dari :

Ketua              : H. Nawawi Nurdin
Sekretaris        : Nursan Suib
Bendahara       : Mansur Hasyim
Berkat kepengurusan tersebut dalam pembangunan panti dari ruangan dapur, asrama secara bertahap. Bahkan asrama yang sudah selesai digunakan untuk tempat pengajian Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Sungayang dan tempat rapat pengurus. Seorang anak mu’alaf yang masuk Islam dari Medan bernama Menuh Tarigan dan diganti namanya dengan Muhammad Nur. Dialah yang pertama kali mendiami asrama dan setelah itu dapatlah semua anak yang diasramakan sebanyak 8 (delapan) orang yang mau tinggal diasrama.
Pada tahun 1990 dibentuklah kepengurusan panti asuhan yang diberi nama dengan Panti Asuhan Aisyiyah Sungayang berkat semangat dan bergairahnya umat untuk mengasramakan anak yatim, yatim piatu, miskin dan terlantar dengan kepengurusan sebagai berikut :
Ketua                          : Hj. Dariah Saleh
WK. I                          : Nurjani
WK. II                                    : Nurman Harum
Sekretaris                    : Yusna
Bendahara                   : Hasnizal
WK Bendahara           : Sumarnis Isa
Serta seksi-seksinya diantaranya : seksi identifikasi (Nurman Harum), seksi pendidikan (Sumarnis), seksi penyaluaran (Zuraidah), seksi dana (Hj. Rosna), seksi keterampilan (Hasnizal), seksi pengasuh (Nurima). Pada tahun 1990 dibentuklah panitia peresmian Panti Asuhan Aisyiyah Ranting Sungayang sebagai berikut :
Ketua                          : Drs. Masnefi
WK. I                          : Hj. Dariyah Saleh
WK. II                                    : Erma HM
Sekretaris                    : Hasrizal
WK Sekretaris             : Zuraidah
Bendahara                   : Ramli Ridwan
Selain pengurus inti ini juga ada seksi-seksinya yang lain dalam proses peresmian Panti Asuhan Aisyiyah Ranting Sungauyang ini. Pada tanggal 14 Oktober 1990 diresmikanlah Panti Asuhan Aisyiyah Ranting Sungayang oleh Bupati Kabupaten Tanah Datar yaitu Bapak Ikasuma Hamid.
Sejak bergulirnya generasi pengurusan demi kepengurusan dari tahun ke tahun, maka pada tahun 1991 seorang pelajar MAN 1 Batusangkar yang berasal dari Salimpaung bernama Nasril Malin Bandaro sampai saat ini sebagai pengasuh di asrama putra dengan seorang isterinya Nasriati yang mempunyai 3 (tiga) orang anak. Berkat kerja keras dan kegigihan kepengurusan dan sejenap pihak masyarakat maka ada beberapa prestasi yang menonjol dari Panti Asuhan Aisyiyah Sungayang diantaranya :
a.       Juara 2 Loma Panti Asuhan Muhammadiya se-Sumbar
b.      Juara 1 Loma Gizi se-Panti Asuhan Tanah Datar
c.       Juara 1 Orsos (Organisasi Sosial) se-Sumbar
d.      Juara Umum MTQ se-Nagari Sungayang di Kumango
e.       Serta lomba-lomba lainya seperti : Lomba Azan, Cerdas Cermat, Pidato, Shalat Jenazah masih kategori 3 (tiga) besar.
Selain itu  Usaha Ekonomi Produktif juga sudah dimiliki oleh Panti Asuhan Aisyiyah Ranting Sungayang pada tahun 1990 sudah mulai ada barang-barang pecah bela, tahun 2001 sudah mulai ada tenda-tenda untuk pesta dan sebagainya. Pada tahun 2005 sudah ada pelaminan dan sampai sekarang sudah ada 5 (lima) set pelaminan. Selain itu penambahan barang-barang pecah bela, tenda-tenda sudah lengkap, bahkan juga ada alat-alat musik yang digunakan untuk kegiatan pesta dan sebagainya.
Sedangkan perkembangan yang sekarang ini adalah proses pembangunan Panti Perempuan di Jorong Lima, Sianau Indah yang sudah menjalani proses pembangunan 60%. Dan pengerjaan yang sedang berjalan adalah proses pembangunan tingkat duanya. Sedangkan panti putra dikeramik pada tahun 2005 serta sudah ada pembangunan gedung lainnya.
Selain itu perhatian pemerintah pusat dan pemerintah setempat tetap ada dan itu berjalan setiap tahun. Selain itu juga memberikan pelatihan-pelatihan kepada pengurus-pengurusnya untuk menambah kemampuan dalam mendidik dan mengasuh anak-anak yang diasramakan. Pada tahun 2015 ini sudah ada 20 (dua puluh) anak asuh perempuan dengan pengasuhnya Buk Asnawati dan 6 (enam) di asrama putra. Selain itu sekarang ini lebih ditekankan kepada anak-anak dalam lingkungan Tanah Datar saja, walaupun dulu sampai ke daerah di luar Tanah Datar seperti : Medan, Padang, Bengkulu. Sekarang tidak diberlakukan lagi dan juga berlalu untuk anak-anak usia 10 tahun samapi 18 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar